Google+ Badge

Selasa, 26 November 2013

Salahnya Mengartikan Emansipasi



Orang-orang kadang salah kaprah dalam mengartikan emansipasi. Apalagi kaum cowok. Mereka bilang kasar pada cewek atau bersikap seenaknya itu bukan masalah karena ini zaman emansipasi. Hallo? Boys, yang dimaksud emansipasi adalah persamaan hak di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Misal, persamaan hak antara kaum wanita dan laki-laki.
Kita ambil contoh simple saja. Ada seorang cowok yang mengatakan, “Kamu itu cewek. Gunung bukan tempat kamu.” Nah. Yang seperti ini yang harus ditegakkan atas nama emansipasi. Memangnya kenapa kalau kami cewek? Toh kami juga dilahirkan dengan memiliki dua tangan dan dua kaki seperti kalian kaum cowok. Kami diberi tenaga juga, diberi akal pikiran juga seperti kalian. Bukan masalah kalau kami ingin mendaki gunung.
Kami hanya tidak memiliki tenaga sekuat kalian. Dan disinilah peran seorang cowok. Adanya kalian itu untuk membantu dan mendukung kaum cewek. Bukan malah menghina atau mengintimidasi dengan kekuatan lebih kalian itu.
Ada lagi yang bilang, “Tau apa sih kalian, cewek. Kalian itu cuma makhluk halus. Lemah. Sensitif dan pikirannya hanya dipenuhi dengan kata idealis. Nggak realistis sama sekali.” Jawabannya adalah, kalau semua makhluk didunia ini sejenis dengan laki-laki yang super kuat, keras dan realistis, rasanya dunia nggak akan bertahan sampai umur 2013. Jadi tidak seimbang. Tolong dipahami : tidak akan ada kuat tanpa adanya si lemah. Tidak akan ada realistis tanpa adanya idealis.
So, perbedaan sifat dan karakter itu yang akhirnya saling melengkapi. Bukan malah menjadikan sifat cewek yang kalian anggap lemah sebagai alasan untuk mengintimidasi dan berlaku kasar pada kami. Menganggap kami lemah. Padahal, kelemahan paling lemah para cowok adalah kami, cewek.
Tolong diingat, Ibu kalian juga cewek. Bagaimana perasaannya kalau mendengar berita tentang kekerasan terhadap cewek, penganiayaan, tentang pelecehan seksual terhadap cewek? Hatinya pasti sakit. Kalau misal Ibu kalian diposisikan pada posisi yang dikasari dan dilecehkan, apa kalian akan terima? Enggak kan?
Jadi, berhentilah menganggap cewek itu adalah ‘makhluk jauh dibawah kalian’. Yang bisa kalian perlakukan dengan seenaknya. Jangan lupa, pada akhirnya kalaian juga butuh cewek. Kita hidup harus saling melengkapi.


4 komentar:

  1. hahaha, low banget kayaknya cowok yang menyamakan emansipasi dengan main kasar-kasaran ke cewek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah... itu. Bukankah itu bisa dibilang nggak gentle? Karena seringnya yang kulihat disekitarku ya kayak yang aku tulis di atas.

      Hapus
  2. Yang jelas seganteng dan segagah apapun itu cowok, suatu saat dia akan menenteng tas dan belanjaan cewek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa..... masa tega ngeliat pasangannya bawa belanjaan berat sedangkan cowoknya nggak bawa apa-apa dan cuma ngelihat? Semua cowok udah dilahirkan barengan sama sikap gentle, bukan?

      Hapus